Proses Sertifikasi

Optimalkan kinerja organisasi dan bangun keunggulan kompetitif dalam bisnis Anda dengan sertifikasi standar standar internasional.

Dengan menerapkan standar pada suatu bisnis, Anda dapat membangun budaya perbaikan yang terus berkelanjutan. Standar ini akan membangun keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi lebih gesit dan fleksibel, serta memungkinkan penerapan praktik terbaik untuk program-program berkualitas, dan membangun budaya yang dapat mendukung pertumbuhan.

Tahapan Proses Sertifikasi

Tim kami ada untuk mendukung Anda selama proses sertifikasi dengan mengikuti lima tahapan di bawah ini:

Mulai
Lakukan pembelian standar Sistem Manajemen yang relevan, ikuti pelatihan, dan terapkan standar tersebut.
Pendaftaran
Hubungi Intertek SAI Global untuk penjadwalan tanggal audit, lakukan audit pendahuluan dan pengkajian mandiri.
Sertifikasi
Audit Tahap 1, Audit Tahap 2, Keputusan Sertifikasi.
Pemeliharaan
Audit pengawasan (surveillance), audit sertifikasi ulang (recertification) dan pengembangan organisasi secara berkelanjutan.
Pemasaran
Pasarkan sertifikasi Anda, optimalkan penjualan Anda dan pastikan adanya kesadaran pemegang saham/pemangku kepentingan Anda.

Pertanyaan & Jawaban Seputar Proses Sertifikasi

(Frequently Asked Question)

Apakah Intertek SAI Global dapat menolak permohonan sertifikasi?

Ya, setelah permohonan Intertek SAI Global ditinjau, kami dapat menolak permohonan sertifikasi jika Intertek SAI Global tidak memiliki kompetensi dan kemampuan untuk menyampaikan sertifikasi tersebut ATAU jika ada konflik kepentingan dengan aplikan. Jika Intertek SAI Global menolak permohonan sertifikasi, Intertek SAI Global akan menyampaikan keputusan tersebut secara tertulis beserta alasan penolakannya.

Bagaimana keputusan sertifikasi dibuat?

Keputusan sertifikasi dibuat oleh orang/beberapa orang yang kompeten dan berwenang, yang berbeda dari orang yang melakukan audit (auditor).
Keputusan dibuat berdasarkan informasi yang memadai dari tim audit sesuai dengan persyaratan sertifikasi dan ruang lingkup sertifikasi, status setiap ketidaksesuaian dan koreksi serta tindakan perbaikannya, ketercapaian tujuan audit dan rekomendasi hasil audit.

Apa itu biaya sertifikasi dan apa saja komponennya?

Biaya sertifikasi adalah biaya yang dibayarkan Klien kepada Intertek SAI Global yang terhutang berkenaan dengan Jasa Sertifikasi yang telah

diberikan oleh Intertek SAI Global kepada Klien dan setiap biaya pembatalannya. Komponen dari biaya sertifikasi terdiri dari biaya sertifikasi sesuai durasi audit, biaya perjalanan dan akomodasi (sesuai kesepakatan klien dan Intertek SAI Global), dan biaya registrasi. Penjelasan terkait biaya sertifikasi dapat dibaca lebih lanjut pada Ketentuan dan Syarat-syarat untuk Jasa Sertifikasi, Penilaiain dan Lisensi Merek Dagang.

Apa saja hak dan kewajiban klien dan Intertek SAI Global?

Hak dan kewajiban klien dan Intertek SAI Global tertera secara rinci pada Ketentuan dan Syarat-syarat untuk Jasa Sertifikasi, Penilaiain dan Lisensi Merek Dagang. Ketentuan dan syarat-syarat tersebut juga tertera pada proposal penawaran yang akan diberikan Intertek SAI Global kepada calon klien setelah menerima permintaan jasa sertifikasi.

Dapatkah Intertek SAI Global menolak sertifikasi?

Ya, Intertek SAI Global dapat menolak sertifikasi jika informasi yang diberikan tim auditor dan kondisi sistem manajemen klien kurang memadai untuk mendapatkan sertifikasi (lihat pertanyaan no. 2)

Setelah sertifikasi diberikan, apa yang akan terjadi jika ada perubahan pada klien bersertifikat?

Menurut Syarat dan Ketentuan Sertifikasi Intertek SAI Global, klien tersertifikasi wajib menginformasikan kepada Intertek SAI Global tanpa penundaan hal-hal yang dapat mempengaruhi kemampuan sistem manajemen untuk terus memenuhi persyaratan standar yang digunakan untuk sertifikasi. Hal ini termasuk perubahan yang berkaitan dengan:
  1. Status hukum, komersial, organisasi atau kepemilikan
  2. Organisasi dan manajemen (misalnya, manajer kunci, pengambil keputusan atau staf teknis)
  3. Alamat lokasi dan kontak
  4. Ruang lingkup operasi di bawah sistem manajemen yang disertifikasi
  5. Perubahan signifikan terhadap sistem dan proses-proses manajemen.
Berdasarkan informasi terbaru dari klien tersertifikasi, Intertek SAI Global dapat menindaklajuti termasuk meninjau perubahan dan menentukan jika audit diperlukan untuk memutuskan dampak perubahan dalam lingkup dan status sertifikasi:
  • Melakukan audit khusus untuk perluasan ruang lingkup. Ini dapat dilakukan bersamaan dengan audit surveilan atau audit sertifikasi ulang yang terencana
  • Melakukan audit khusus untuk menyelidiki keluhan, menanggapi perubahan, atau sebagai tindak lanjut atas klien yang dibekukan
  • Untuk mengurangi ruang lingkup sertifikasi untuk mengecualikan bagian yang tidak memenuhi persyaratan

Kapan sertifikasi ulang harus dilakukan?

Sertifikasi ulang harus diselesaikan sebelum sertifikat yang ada habis masa berlakunya, oleh karena itu sebaiknya audit sertifikasi ulang dijadwalkan 3 bulan sebelum tanggal kedaluwarsa.

Apa yang terjadi jika kegiatan resertifikasi belum selesai ketika masa berlaku sertifikat berakhir?

Tanggal kedaluwarsa sertifikat tidak akan diperpanjang. Jika kegiatan sertifikasi ulang belum selesai saat sertifikat kedaluwarsa, Intertek SAI Global dapat memulihkan sertifikasi dengan ketentuan bahwa kegiatan sertifikasi ulang yang belum selesai telah diselesaikan dalam waktu 6 bulan, jika tidak, setidaknya Audit tahap 2 harus dilakukan. Tanggal efektif pada sertifikat akan sama dengan atau setelah keputusan sertifikasi ulang dan tanggal kedaluwarsa harus didasarkan pada siklus sertifikasi sebelumnya. Artinya ada periode di mana klien tidak memiliki sertifikat yang valid (sejak sertifikat kedaluwarsa sampai sertifikasi ulang diberikan).

Hubungi Kami

Komunikasi langsung dengan para ahli untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana Intertek SAI Global dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih unggul.