ISO 37001 – Sistem Manajemen Anti Penyuapan
(Anti Bribery Management System)

Sebuah standar internasional yang dirancang untuk membantu organisasi membangun, menjalankan, meninjau, memelihara, dan meningkatkan Sistem Manajemen Anti-Penyuapan (SMAP).

ISO 37001 menjalankan praktik pengendalian anti-penyuapan, yang kemudian akan meningkatkan kemungkinan deteksi penyuapan dan mengurangi insiden penyuapan.

Memenuhi Persyaratan Kepatuhan

ISO 37001 dapat digunakan organisasi secara proaktif untuk memerangi penyuapan, melalui penetapan kebijakan anti-penyuapan yang akan memandu organisasi untuk mengidentifikasi dan memastikan kepatuhannya terhadap peraturan perundangan terkait.

Menyesuaikan dengan Kebutuhan Global

Penerapan ISO 37001 yang konsisten, dapat menunjukkan komitmen Organisasi Anda dalam menegakkan kebijakan anti-penyuapan yang diakui secara global, sehingga memberikan kepercayaan yang lebih ketika berhadapan dengan pemangku kepentingan.

Transparansi Memberikan Nilai Lebih bagi Organisasi

Dalam persaingan Global, kepercayaan dan akuntabilitas menjadi salah satu aspek yang penting. Implementasi ISO 37001 memberikan Anda peluang dan manfaat dalam mempromosikan kepercayaan dan keyakinan dalam penanganan bisnis, dan meningkatkan reputasi Organisasi Anda.

Komitmen Anti-Penyuapan yang Didukung oleh Sistem Manajemen

ISO 37001 merupakan suatu standar yang secara khusus memandu Anda untuk menerapkan prinsip-prinsip anti-penyuapan dengan menggunakan pendekatan proses. Organisasi yang dikelola dengan baik akan memiliki kebijakan anti-penyuapan yang didukung sistem manajemen yang sesuai dalam rangka pemenuhan peraturan perundangan terkait serta komitmen terhadap integritas.

Apakah manfaat dari implementasi SMAP ISO 37001:2016?

Dengan menerapkan SMAP dapat meningkatkan reputasi organisasi khususnya terhadap komitmen anti-penyuapan termasuk dalam upaya mengidentifikasi, mencegah dan mengatasi tindak penyuapan.

Organisasi yang tersertifikasi ISO 37001:2016 dapat memperlihatkan komitmen terhadap kebijakan dan peraturan perundangan yang terkait dengan anti-penyuapan.

Pendekatan Plan-Do-Act-Check (PDCA) dan risk-based thinking akan menciptakan kerangka berpikir Organisasi untuk terus berkembang.

Ruang Lingkup

Ruang lingkup ISO 37001 menggambarkan persyaratan dan panduan untuk membangun, menjalankan, memelihara, mengkaji dan meningkatkan suatu Sistem Manajemen Anti-Penyuapan.

Konteks Organisasi

Organisasi harus menetapkan isu-isu internal maupun eksternal yang relevan, berpengaruh terhadap tujuan utama dari Sistem Manajemen Anti-Penyuapan, menetapkan para pemangku kepentingan terkait, serta melakukan asesmen resiko penyuapan secara berkala.

Kepemimpinan

Pimpinan Organisasi harus berkomitmen dalam pelaksanaan sistem manajemen dengan menyediakan sumber daya yang memadai, memastikan kebijakan dan sasaran anti-penyuapan dapat dicapai serta mengomunikasikan tugas dan tanggung jawab serta wewenang dengan jelas.

Perencanaan

Dalam perencanaan, organisasi harus menetapkan risiko dan sasaran anti-penyuapan serta strategi untuk mengendalikan risiko serta mencapai sasaran yang telah ditetapkan.

Dukungan

Organisasi harus memastikan bahwa sumber daya yang dibutuhkan telah mencukupi serta memantau dengan seksama efektifitas terhadap sumber daya yang dialokasikan.

Operasional

Organisasi harus merencanakan, menjalankan dan mengendalikan operasional termasuk rekan bisnis. Organisasi juga harus melakukan pengendalian finansial, pengendalian non-finansial, serta uji kelayakan terhadap aspek-aspek yang disyaratkan dalam standar. Lebih lanjut Organisasi juga harus membuka ruang bagi semua orang dengan itikad baik untuk mempromosikan kepedulian, melaporkan serta melindungi setiap orang yang mengetahui adanya pelanggaran.

Evaluasi Kinerja

Organisasi perlu mengkaji setiap persyaratan ISO 37001 untuk memastikan kapabilitas organisasi dalam memenuhi persyaratan-persyaratan tersebut.

Pengembangan
Dalam menyikapi ketidaksesuaian, Organisasi diminta untuk mengelola ketidaksesuaian, memecahkan masalah, menjalankan tindakan perbaikan bila diperlukan serta melakukan peningkatan secara berkelanjutan.

Langkah Selanjutnya

Kami dapat membantu organisasi Anda dalam memenuhi persyaratan sertifikasi ISO 37001:2016.

Mulai
  • Lakukan pembelian Standar Manajemen Anti-Penyuapan (ISO 37001)
  • Ikuti pelatihan dan terapkan standar tersebut
Pelaksanaan
  • Hubungi kami untuk persyaratan, penjadwalan dan biaya
  • Lakukan audit pendahuluan
  • Lakukan pengkajian mandiri
Sertifikasi
  • Audit tahap 1
  • Audit tahap 2
  • Keputusan sertifikasi
Pemeliharaan
  • Melakukan audit pengawasan (surveillance)
  • Audit sertifikasi ulang (recertification) untuk ISO 37001 setiap tiga tahun sekali
  • Pengembangan organisasi yang berkelanjutan
Pemasaran
  • Pasarkan sertifikasi Anda
  • Optimalkan penjualan Anda
  • Pastikan adanya kesadaran pemegang saham/pemangku kepentingan Anda

Hubungi Kami

Komunikasi langsung dengan para ahli untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana SAI Global Assurance dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih unggul.