Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja ISO 45001

Standar bersakala Internasional pertama untuk sistem Kesehatan dan Keselamatan Kerja telah terbit untuk menanggulangi semakin meningkatnya jumlah penyakit, kecelakaan, dan kematian yang timbul terkait pekerjaan di seluruh dunia.

ISO 45001 menyediakan sebuah kerangka kerja yang kokoh untuk mengelola risiko dan kesempatan yang timbul akibat K3, tempat kerja yang sehat dan aman, dan melindungi aset terpenting Anda, sumber daya manusia yang Anda miliki dari penyakit kejiwaan dan fisik.

Keadaan lingkungan saat ini dipenuhi oleh pengawasan yang ketat, tetapi menjadi kompetitif mempunyai arti Anda akan selalu terus bergerak.

SAI Global membantu Anda untuk melihat jalan kedepan, sehingga Anda dapat melangkah maju dengan penuh percaya diri.

Memenuhi Persyaratan Kepatuhan

Sebuah pendekatan yang sistematis untuk mengevalusi persyaratan kepatuhan yang dapat meyakinkan para pemangku kepentingan terkait komitmen Anda untuk membangun tempat kerja yang aman. Standar ini menyediakan sebuah kerangka kerja untuk memahani persyaratan yang dibutuhkan organisasi Anda.

Menunjukkan Komitmen Anda terhadap Peningkatan K3

Tingkatkan reputasi merk Anda dan tunjukkan kepada para pelanggan, pemasok, staf dan komunitas Anda mengenai komitmen Anda terhadap peningkatan kinerja K3. ISO 45001 menekankan pengambilan lengkah-langkah yang proaktif untuk meminimalisasi risiko.

Meningkatkan Kinerja Bisnis

Memastikan keselarasan antara sistem manajemen K3 dengan arah strategis dari organisasi Anda. ISO 45001 membutuhkan perbaikan pada kebijakan K3 secara berkelanjutan dan tujuan yang tertanam dalam proses bisnis Anda.

Menurunkan Waktu Henti Operasional

Menghilangkan bahaya dan meminimalisasi risiko K3 untuk melindungi kesehatan jiwa dan fisik para pekerja yang Anda miliki, mengurangi waktu henti dan biaya yang timbul akibat gangguan operasional yang terjadi. Hal ini akan meningkatkan keterlibatan para pekerja, reputasi organisadi dan kinerja bisnis.

Apakah Itu?

Sebuah sistem manajemen K3 yang mendorong lingkungan kerja yang sehat dengan menyediakan kerangka kerja untuk mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengelola risiko dan peluang yang timbul dari K3.

Menerapkan dan melaksanakan sistem manajemen K3 yang efektif akan membantu Anda dalam penanganan masalah hukum, etika dan hubungan industri terkait keselamatan pekerja dan kewajiban pemberi kerja untuk memberikan perlindungan.

Menerapkan Sistem Manajemen K3 akan mengurangi kecelakaan dalam lingkungan kerja dan meminimalisasi biaya terkait.

ISO 45001:2018 mempunyai prinsip manajemen sistem yang sama dengan standar lainnya seperti ISO 14001 sistem manajemen Lingkungan dan ISO 9001 Sistem Manajemen Mutu.

Migrasi dari OHSAS 18001

Seluruh organisasi yang saat ini bersertifikasi OHSAS 18001, diberikan kesempatan untuk melakukan Migrasi sertifikasi ke ISO 45001 hingga 11 Maret 2021 untuk mempertahankan sertifikasi Anda. Anda dapat melakukan proses Migrasi:

  • Selama audit Survailen selanjutnya
  • Selama audit Resertifikasi Anda
  • Pada saat melakukan audit khusus
Ruang Lingkup

ISO 45001:2018 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen K3. Berlaku untuk seluruh organisasi yang sedang mencari sistem untuk menerapkan, mempertahankan atau meningkatkan sistem manajemen K3; memastikan kesesuaian dengan sistem manajemen K3 yang ada, tunjukkan kesesuaian ini kepada pihak ketiga dengan sertifikasi atau registrasi sistem manajemen k3 yang dimiliki atau menyatakan sendiri atas kesesuaian sistem yang dimiliki,

Keterkaitan dengan Organisasi

Organisasi perlu memahami permasalahan internal dan eksternal beserta harapan dari para pekerja dan pihak-pihak  berkepentingan dalam rangka penerapan sistem manajemen K3 yang sesuai dan pelaksanaannya tidak terpisah dengan operasi bisnis lainnnya.

Kepemimpinan dan Partisipasi Pekerja

Aspek terpenting dalam kesuksessan sistem manajemen K3 adalah akuntabilitas dan tanggung jawab dari manajemen atas dalam pencegahan kecelakaan dan kesehatan kerja beserta penyusunan, penerapan, pelaksanaan dan perbaikan kebijakan K3. ISO 45001 meningkatkan konsultasi dan partisipasi pekerja yang ada didalam organisasi, mempertimbangkan pendapat mereka sebelum mengambil keputusan terkait sistem manajemen.

Perencanaan

Organisasi harus melakukan perencanaan baik perencanaan risiko maupun kesempatan yang dapat berdampak pada kinerja sistem manajemen K3, termasuk risiko dan kesempatan K3 yang timbul terkait hukum, peraturan atau persyaratan kontraktual.

Dukungan

Organisasi harus mendukung sistem manajemen K3 dengan sumber daya yang dibutuhkan untuk membangun, menerapkan, mempertahankan dan peningkatan secara berkelanjutan. Dukungan yang dibutuhkan termasuk sumber daya manusia, sumber daya alam, infrastruktur, dan keuangan.

Operasional

Organisasi harus merencanakan, menerapkan, mengendalikan dan mempertahankan proses yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan sistem manajemen K3. Termasuk perubahan perencanaan secara permanen atau sementara yang dapat berdampak pada kinerja K3, beserta produk, layanan, dan kontraktor pengadaan.

Penilaian Kinerja
Organisasi memerlukan pengawasan, pengukuran, analisa, dan penilaian atas kinerja sistem manajemen K3 melalui pendekatan proses secara berkala. Termasuk pengunaan internal audit dan ulasan manajemen.
Perbaikan

Agar tetap kompetitif, organisasi Anda harus berkomitmen untuk terus memperbaiki sistem manajemen K3. Perbaikan sistem manajemen K3 harus meningkatkan kesesuaian, kemampuan dan keefktifan sistem dengan mendorong budaya yang mendukung sistem manajemen K3.

Langkah Selanjutnya

Kami dapat membantu organisasi Anda dalam memenuhi persyaratan sertifikasi ISO 45001.

Mulai
  • Beli Standar ISO 45001
  • Lakukan training untuk membangun keahlian
Penerapan
  • Hubungi SAI Global untuk mengetahui persyaratan, jangka waktu dan biaya yang dibutuhkan
  • Lakukan pilihan penilaian awal
  • Lakukan analisis kesenjangan
Sertifikasi
  • Lakukan audit tahap 1
  • Selesaikan audit tahap 2 yang lebih rinci
  • Setelah berhasil mendapatkan sertifikasi, tampilkan logo ‘Five Ticks’ StandardsMark™
Mempertahankan
  • Lakukan Audit Pengawasan tahunan
  • Lakukan sertifikasi ulang untuk ISO 45001 setiap 3 tahun sekali
  • Bangun budaya perbaikan berkelanjutan
Optimalisasi
  • Pasar untuk Merek dan Keuntungan promosi
  • Optimalkan tim komersial
  • Pastikan adanya kesadaran akan pemegang saham dan para pemangku kepentingan

Menilai Kesiapan Anda untuk ISO 45001:2018

Toolkit Analisis Kesenjangan ini dapat membantu Anda untuk menilai kepatuhan dari Sistem Manajemen K3 yang Anda miliki dengan ISO 45001:2018.

Hubungi Kami

Komunikasi langsung dengan para ahli untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana SAI Global Assurance dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih unggul.