Sistem Manajemen Mutu Otomotif IATF 16949

Untuk memenuhi tuntutan keamanan dan realibitas yang diwajibkan oleh pemerintah, industri, serta pelanggan, maka organisasi harus menerapkan sistem manajemen mutu yang didasarkan pada sebuah standar.

Dapat diterapkan oleh seluruh organisasi yang bergerak di bidang pabrikan komponen, perakitan atau suku cadang dalam jaringan rantai pasokan, termasuk Organisasi Peralatan Asli (OEM). IATF 16949 juga membantu organisasi manufaktur untuk memenuhi permintaan pelanggan secara efisien dan efektif.

Lingkungan bisnis saat ini dipenuhi oleh pengawasan yang ketat, namun menjadi kompetitif mempunyai arti bahwa Anda harus terus bergerak.

SAI Global membantu Anda untuk melihat arah ke depan sehingga Anda dapat melangkah maju dengan penuh percaya diri.

Memperbaiki Proses Pengambilan Keputusan

Menggunakan data yang ada untuk pengambilan keputusan berbasis fakta terkait sumber daya, proses, dan risiko.

Optimalisasi Proses

Memahami interaksi yang ada dalam proses untuk memaksimalkan efisiensi dan mengurangi biaya dengan membangun budaya perbaikan berkelanjutan.

Menyediakan Pasokan kepada Industri Otomotif

Sertifikasi IATF 16949 menunjukkan kemampuan organisasi Anda untuk menyediakan produk berkualitas tinggi, dan bebas catat kepada industri otomotif dan akan meningkatkan reputasi dari brand yang Anda miliki.

Mengikutsertakan Karyawan

Mendorong keterlibatan karyawan dalam meningkatkan proses kerja mereka akan berdampak pada hasil produktifitas dan keselamatan yang lebih baik.

Apakah Itu?

Mengikuti praktik terbaik dari Standar Sistem Manajemen Mutu (SMM), IATF 16949 memberikan gambaran mengenai pendekatan yang tersistematis pada manajemen mutu.

Organisasi dalam Industri Otomotif membutuhkan sebuah pendekatan sistematis pada manajemen mutu yang menyediakan pencegahan kecatatan dalam menghasilkan produk, budaya perbaikan berkelanjutan dan penurunan pada variasi jaringan rantai pasokan dan limbah.

Standar IATF 16949 memberikan gambaran pada sistem manajemen mutu untuk organisasi produsen otomotif dan layanan suku cadang terkait. Didasarkan pada ISO 9001, standar ini mengacu pada siklus rencanakan-kerjakan-cek-tindak lanjuti dan pemikiran berbasis risiko untuk menciptakan sebuah kerangka kerja untuk perbaikan organisasi.

Ruang Lingkup
IATF 16949 memberikan gambaran mengenai sistem manajemen mutu yang mencakup perencanaan, pengembangan, produksi, perakitan, pemasangan, dan layanan dari produk terkait otomotif, termasuk produk-produk yang memiliki perangkat lunak bawaan.
Keterkaitan dengan Organisasi
Organisai harus memahami faktor-faktor, baik internal maupun eksternal, yang akan berpengaruh kepada hasil yang diharapkan.
Kepemimpinan
Para pimpinan dalam organisasi harus berkomitmen dalam melaksanakan perbaikan berkelanjutan, menyediakan sumber daya yang cukup, memastikan tujuan dan kebijakan mutu dilaksanakan dengan baik, dan mememberikan penjelasan mengenai wewenang, tanggung jawab, dan peran secara jelas.
Perencanaan
Perencanaan harus mencakup tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mengatasi risiko dan menangkap peluang yang ada; menetapkan sasaran mutu dan bagaimana mereaihnya; dan manajemen perubahan.
Dukungan
Organisasi harus memastikan ketersediaan sumber daya yang cukup yang dialokasikan pada sistem manajemen mutu dan memantau penggunaan dan keefektifan sumber daya tersebut dengan cermat.
Operasional
Organisasi harus melakukan perencanaan, menerapkan dan mengendalikan proses untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan dalam menyediakan produk dan layanan.
Penilaian Kinerja
Organisasi harus dapat menunjukkan dan memberikan penilaian atas kemampuan proses seperti yang ditentukan dalam persyaratan proses persetujuan pelanggan.
Perbaikan

IATF 16949 membutuhkan sebuah komitmen secara terus menerus dalam melakukan perbaikan berkelanjutan, pengelolaan ketidaksesuaian, menyelesaikan permasalahan, pemeriksaan kesalahan, pengelolaan jaminan dan mengambil tindakan perbaikan ketika diperlukan.

Langkah Selanjutnya

Kami dapat membantu organisasi Anda untuk menerapkan dan mengoptimalisasikan IATF 16949

Mulai
 
Penerapan
  • Hubungi SAI Global untuk membahas persyaratan, jangka waktu dan biaya yang dibutuhkan r
  • Lakukan opsi penilaian awal
  • Lakukan analisis kesenjangan
Sertifikasi
  • Lakukan audit tahap 1
  • Lengkapi audit tahap 2 yang lebih rinci
  • Setelah mendapatkan sertifikasi, tampilkan logo ‘Five Ticks’ StandardsMark™
Mempertahankan
  • Lakukan audit pengawasan tahunan
  • Lakukan sertifikasi ulang pada standar IATF 16949 setiap tiga tahun sekali
  • Bangun budaya perbaikan berkelanjutan
Optimalisasi
  • Pasar untuk brand dan keuntungan promisional
  • Optimalisasi tim komersial
  • Pastikan kesadaran akan pemegang saham dan para pemangku kepentingan E

Penerapan Pemikiran Berbasis Risiko di Kehidupan Nyata

Semua organisasi pasti menghadapi risiko dan kesempatan. Pemikiran berbasis risiko dapat membantu Anda memahami risiko mana saja yang harus dihindari dan diambil.

Hubungi Kami

Komunikasi langsung dengan para ahli untuk mengetahui lebih lanjut bagaimana SAI Global Assurance dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih unggul.